TV Mitochiba Mati total

Datang tv 14″ mitochiba, terlihat begitu baru, bodi masih mulus, kata pemiliknya memang baru satu minggu,
Setelah casing saya buka dan ukur komponen ternyata transistor horizontal short.
Waduh kok aneh ya TV baru kok Horisontalnya rusak. Kucoba ukur tegangan 115 volt ternaya normal jadi dugaan beralih pada rangkaian horisontal. Nah terlihat capasitor dari colector horisontal ke ground patah kaki, senilai 541 karena gantinya kagak ada maka kuganti dengan 681/1kv.
Akhirnya kucoba kembali, tentunya setelah TR horisontal diganti, ternaya ada suara mencuit dan keluaran fly back kosong atau tidak nyemprot.

dan yang aneh tr horisontal panas sekali padahal sesat, waw apa rusak lagi tr ini, setelah dicopot dan diukur ternyata tidak, …berarti rangkaian penguat horisontal mungkin sudah bekerja hanya saja mengalami hambatan untuk keluar.
Mulailah deteksi flyback dengan mengukur antar kakai..eee lha dalah kok malah ada yang short terhadap body walau tahanannya besar tapi jelas membuat tegangan +115volt menuju negatif lewat fly back, atau keluaran horisontal frekwensi mandeg dalam flyback . ibarat power di shortkan outptnya jadi wajar jika Transistor horisontal panas.

dan memang benar setelah flyback kuganti jadi hidup kembali….tetapi dari pilihan tap Horisontal yoke ternaya tidak didapat yang pas karena output terlalu besar alias semprotan horisontal terlalu kuat, modif lagi deh Capasitor yang di colector Horisontal ke ground dengan patokan nilai belakang sama…
misal 684 diganti 564 angka empat menunjukkan farad…..karena langsung kubungkus lupa deh berapa nilainya…

2 komentar di “TV Mitochiba Mati total

  1. Ping balik: TV Mitochiba Mati total | NOSUKIS

Silakan Commentar anda