TV Samsung 21 inch mati Regulator ok

Merk Samsung 21 inch, cover CS-21 K30ML, Transistor Horisontal J6806D tanpa pendingin, Regulator STR, IC vertikal 78045, IC Central 9592PS/N3/3/1637, Chasis KS9B-AA41-01048C,

Kondisi mati layar gelap, ada suara denging ketika power di onkan, terkadang hidup raster keluar tetapi beberapa detik kemudian mati lagi dibarengi dengan denging keras mirip trafo flyback short,

WAh ada kemungkinan proteksi rangkaian bekerja, tetapi ketika saya amati ada elco dekat soket yoke defleksion ada yang melembung 2,2 mf 250 volt, setelah diganti dan coba dihidupkan nampak binti dan layar penuh normal tetapi sekitar 1/2 menit menciut dan layar gelap disertai suara denging keras di flyback, buru-buru saya matikan saja.

Pada KA 7632 terdapat tegangan 8volt dikaki 8 dan 3,3volt kaki 9, Tegangan 115 v normal, sesaat pada saat power on tegangan 16,6 volt keluaran dari fback pensuplay driver horisontal bagus.

Apakah memang TR horisontal bocor pikirku, lalu tak copot dan ukur saja pake x 10ohm, jika posisi kabel minus – tester ditempel di kaki tengah TR J6806D dan dan kabel + (plus) ditempel pada kaki pinggir bergantian dan ada tahanan kemungkinan besar transistor tersebut rusak hubung singkat atau short. tetapi lagi-lagi nihil. kembali pengamatan saya lanjutkan menuju titik regulator karena dengan tidak normalnya tegangan regulotor bisa mengakibatkan system protek bekerja.

Pada TV jenis ini sepertinya system proteksi menggunakan rangkaian vertikal dan saya ubek-ubek area itu mulai dari percobaan penggantian elco 100/50volt dan IC TDA 78045, karena adanya TDA 78040 maka kupasang juga, hasilnya? sama saja tetap terkadang bisa langsung on kemudian lama-lama mati lagi dan kembali suara denging keluar.

Melihat adanya elco yang melepuh di daerah horisontal apalagi tegangan 250 volt berarti ada kemungkinan telah terjadi kenaikan tegangan yang melebihi 250 volt di titik tersebut, operasi berikutnya adalah dengan mengamati komponen-komponen disekitar area elco tersebut. tetapi rasanya oke-oke saja atau mulus tenan.

Memperhatikan suara denging dari flyback rasa-rasanya flybackpun mulai saya curigai, tetapi kenapa kadang apik pas ketika on dan tidak tampak cacat fisik? Adakah terjadi lonjakan keluaran horisontal atau sebaliknya? jika melihat layar penuh dan lama-kelamaan menciut berarti tegangan out horisontal menurun pikirku. keluaran horisontal di dukung dengan capasitor dengan nilai tegangan KV (kilo volt) berarti memang keluaran horisontal tinggi, nah dugaan saya kembangkan disini mulai penggantian Capasitor- capasitor yang terhubung ke output horisontal layaknya kerusakan samsung TV slim yang jika Capasitor output dari kolektor ke ground short maka transistor horisontal malah jebol terus…, Dan ketika saya ganti Capasitor warna biru gepeng kecil dalam KV pas di on oke tuh tvnya. nilainya 681/2kv…..penasaran maka pada tak pulangin lagi kapasitor yang lain keculai 681/2kv saya ganti 471/2kv bener deh tetap normal tuh ..apa benar itu memang penyebebnya yo..?

27 thoughts on “TV Samsung 21 inch mati Regulator ok

  1. maat mau tanya ,no seri plyback samsung 21 in layar datar,model code:CS 21K30ML6XXSE.TYPE NO:AGR 21KE.CHASIS:.KS9B AA41-01048C.
    2004-06-08..trima kasis sebelumnya

  2. mau tnya gan,tv samsung cs21k30ml power di on bisa start sekitar 2 detik dan blum smpat kluar gambar udah mati lagi begitu juga lampu led ikut mati,sy on kan lagi sama mati lagi,,,kira2 komponen yg mana gan yg perlu diganti,mhon pencarahannya gan,mkasih

  3. Terima kasih kang atas berbagi ilmunya, aku baru saja mengalami masalah seperti ini. Persis semua sdh di oprek sampai 3 hari. Pakai gacun Power suplay nihil, ganti flyback nihil, ganti ic vertikal nihil, setelah telusur di mbah google menemukan blog ANDA, setelah baca kok mirip dengan kasus yg saya alami.dgn niat dan baca bismillah akhirnya jadi jg, sebetulnya sdh frustasi kang, sekali lagi. TERIMA KASIH YG SEBESAR-BESARNYA. Yg jd pertanyaan cap itu sbg apa fungsinya kok aneh. Ijin copas artikelnya kang

  4. mau tanya mas
    Tv samsung cs21n30mjz
    Ada suara tidak ada gambar, menu tidak ada, raster ada tapi redup diputar fbt keluar tp kuning warnanya
    Mohon bantuan mas bro
    Thanks

  5. mas bro mau nanya, tv samsung model
    CS21Z50ML, kondisi mati total,
    cm bunyi tek tek tek di regulator tv jg gg nyala sm skali.
    mohon pencerahan’a bro ,thanks

  6. mas bro mau nanya, tv samsung model CS21Z50ML, kondisi mati total, tidak ada tegangan sama sekali pada keluaran trafo switching, udah tak ganti gacun masih sama, maap pemula mas bro, mksh

  7. Ping balik: TV Samsung 21 inch mati Regulator ok | NOSUKIS

  8. mau tanya nie sob, tv gw samsung model cs21n30mjz, tiba2 lagi enak nonton, keluar asap bau banget. tv pun mati seketika, setelah dicek, ga ada yg hangus atau terbakar. apa dr playbacknya? type playbacknya sama sepertti di atas fok14a001.

    • sory… ternyata capasitornya yang kebakar, tapi bukan yang 681/2kv, tapi lebih kecil yang ada disampingnya. ukuran berapa ya? ga keliatan sudah hangus…

  9. saya lagi megang samsung 16″ layar datar tegangan 110nya naek terus sampai 140v, kira2 apa penyebabnya, tolong para senior solusinya….

  10. Mau tanya,dlm tv sharp universe didalam rangkaian regulator dekat ac in ada komponen dg kode TH 700 warna kuning dibadannya tertera 320m25 dan PR 702 warna hijau dibadannya tertera p0028ce. Bentknya persis seperti capasitor keramik besar.tp kmpnen tsb dicek ko nyambung ya, mengecek yg benar gmana?makasih atas jawabanya.

Silakan Commentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s