Cara mengenali kerusakan televisi

Cara mengenali kerusakan televisi :

1. Tanyakan pada pemilik TV keluhan secara umum yang membuat ia menganggap TVnya rusak. Hal ini untuk mempermudah memahami bagian mana kemungkinan ada kerusakan. Karena kadang kerusakan pesawat televisi dikarenakan kelalaian dalam pengoperasian seperti tersambar petir, tegangan listrik yang melebihi kemampuan pesawat televisi misalnya di suplay dengan generator yang terlalu besar kecepatan putaran roda gila, atau bisa juga terkena percikan air disaat TV hidup,

2. Buka Casing dengan hati-hati. Perhatikan mesin TV dari bentuk fisik komponen, seperti: adakah elco melembung atau pecah, Resistor gosong, atau malah ada bekas cairan di area atas pcb kemungkinan cairan elco yang meleleh.

3. Dengan posisi rangkaian TV di balik amatilah kaki komponen ada yang kendor atau tidak dengan cara melihat ada lingkaran hitam retak di sisi pinggir solderan kaki komponen.

4. Bila kerusakan mati total, ukurlah tahanan kedua kaki colokan sambil tombol power di onkan jangan sampai terjadi penyimpangan tahanan terlalu kecil atau malah tidak ada tahanan sama sekali umumnya dalam sekala x 1k menujukkan , merambat ujung kabel colokan yang ke PCB mesin TV, periksa sekering bila putus jangan buru-buru diganti.
Sekering putus biasanya pada pesawat televisi bukan berarti diganti fuse nya saja selesai. Tapi lebih dimaksudkan kepada pengamanan terhadap bahaya kebakaran karena beban kabel ada yang short maka putuslah sekering tersebut. oleh karena itu silakan dilanjutkan mengukur dioda yang biasanya 4 biji atu ada juga diode bridge dengan ditandai outputnya dipasang Elco 400 volt, bila terbaca tahanan short mungkin malah di sebabkan TR regulator atau STR disebelah dioda itu sendiri yang rusak.

Bila Sekering tidak putus mungkin tidak adanya induksi pada travo regulator sehingga rangkaian Tv tidak mendapat sumber arus maka TV akan Mati. Perhatikan resistor bernilai ohm besar bahkan ratusan kilo yang biasanya di seri sama tegangan + elco 400 vOlt, biasanya di gunakan untuk mensuplay osilator regulator. bila resistor ini putus maka Regulatorpun tidak bekerja. Perhatikan juga elco – elco kecil regulator sebelum Trafo regulator adakah kering, bocor atau berubah bentuk fisik, gantilah dengan nilai yang sama.

Perhatikan juga resistor fuse yang ada di output trafo regulator. Putusnya resistor ini bisa membuat output regulator tv tidak keluar .
5. Jika kerusakan karena gambar cuma garis kecil memanjang mendatar, disini disebut kerusakan vertikal.
Pada saat TV di onkan ukur titik pada tegangan suplay IC vertikal. Untuk mengetahui titik Vcc biasanya ditandai ada dioda yang dipasang diantara dua kaki IC vertikal, input dioda tersebut adalah Vcc utama. Kebanyakan TV memakai suplay tegangan 24 volt ada juga yang 12 volt.
Bila tegangan nol lakukan pengecekan mundur mulai dari elco yang diparalel terhadap ground, kemudian dioda sebelum elco tersebut juga cek Resistor fuse.
Pengambilan tegangan VCC IC vertikal ada yang dari regulator ada juga dari output flyback. jika tegangan normal, ukurlah output vertikal yang menuju ke deflektion yoke tegangan rata-rata 12 v s/d 15 v. Kerusakan vertikal juga bisa dikarenakan nilai condensasi elco yang sudah tidak relefan lagi karena pemakaian yang over heat. atau juga IC yang sudah soak. bisa juga input vertikal oscilator tidak bekerja. Atau malah juga karena yoke defleksi vertikal putus.

6. Kerusakan tidak ada suara.
Ukurlah tahanan spaker, jika ok maka dilanjut pada Tegangan suply IC penguat suara. Ciri-ciri yang umum dipasanglah elco yang nilai faradnya paling besar diantara elco-elco dirangkaian tersebut. Untuk tengan suara umumnya diambilkan langsung dari output regulator dan rata-rata sebesar 12 atau 15 volt. Ada juga yang menggunakan tegangan simetris pada TV polytron yang menerapkan woofer.
Jika VCC oke cobalah pelajari adakah auto mute yang belum bekerja. Rangkaian ini berfungsi untuk mematikan suara secara otomatis disaat tv tidak ada siaran atau input gambar belum masuk. auto mute biasanya terdiri dari Transistor sebelum IC suara.
Pelajari juga bagian Volume control di titik IC central, jika sudah ketemu lakukan pengukuran tegangan pada titik volume sambil anda menekan tombol volume naik atau turun, jika terjadi penyimpangan teganan yeng berubah-ubah maka rangkaian sudah bekerja. Kenali panas pada pendingin IC suara overkah? bila dirasa over heat coba lakukan penggantian.

7. Kerusakan tidak ada Gambar.
jika layar gelap tapi suara ada, langkah awal silakan cek apakah lampu filamen dibelakang tabung menyala? jika tidak menyala ukur titik teganan filamen H dan ground biasanya 9 volt AC ini terletak pada pcb kecil dibalakang CRT, jika tegangan ada, matiakan tv dan ukur tahanan filamen. jika tegangan nol lakukan pengecekan mundur biasanya ada R fuse yang menuju ke flyback pastikan tidak putus atau nilainya naik, umumnya 0,5 ohm s/d 3,3 ohm.

Timbul Garis-garis mendatar penuh dari atas sampai ke bawah dengan jarak kira-kira 1 cm. Ini disebut blanking. Blangking terjadi karena ada tegangan yang tidak tepat yaitu tegangan Penguat warna pada tabung Crt terjadi lebih rendah daripada tegangan screen.

Sampai di sini dulu ya semoga lain kali di lanjut

Silakan Commentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s