Membuat Iklan Radio

Kali ini coba saya posting tentang bagaimana cara membuat iklan radio.Pada prinsipnya iklan radio adalah meramu adonan suara manusia dan musik sera effect suara sehingga jadi apik tenan.Walau sifatnya mempengaruhi orang laen untuk mengenal, peduli dan selanjutnya memakai atau membeli prodak iklan yang ditawarkan tetapi racikan swara yang bagus, lucu, menarik dan fokus pada tujuan iklan mutlak di perlukan.

Sofware yang pernah saya pakai adalah ‘cool edit pro 2’ sebagai sarana merekam dan mencampur suara.kemudian mixer audio untuk masuknya suara lewat mic, mic shure beta 58 atau yang laen yang penting bagus beserta tiang penyangga mic , komputer min pentium 4 ram 512 dengan sisa hard disk yang cukup karena selama proses editing suara akan melibatkan temporary file yang otomatis mengurangi lahan memory di Hardisk, speaker aktif. Juga kabel kabel audio mulai kabel dari mixer ke komputer dan dari microphone ke mixer.

Pastikan telah terinstal cool edit pro 2 pada computer anda.
Sambungkan kabel output mixer audio ke in line computer umumnya berwarna biru.
Tancapkan pula microphone pada input mixer audio.
Pasang pula kabel ke output sound CPU lalu hubungkan ke Speaker

Buka cool edit pro akan tampak tampilan perintah-perintah dan sarana proses editing suara. Down load dulu bila anda belum punya Cool edit pro di sini

-Buatlah konsep iklan yang maw di buat misalnya

“gebyar internet murah”
– tentukan mau jenis spot atau dialog.
– sebaiknya spot atau rekaman sendiri aja dulu untuk latihan.
– tentukan musik latar sebagai pengiring sekaligus effect sound yang tepat misalnya Suara gong, siulan, ataupun petir, atau kuda berlari, musik instrumentalia tapi jenis file mp3 atau wav.

Tool yang ada pada Cool edit pro…

Pada prinsipnya cool edit pro adalah software untuk merekam sekaligus mengedit suara baik music maupun suara manusia. Mengedit yang dimaksud adalah untuk mencampur beberapa suara menjadi satu, juga untuk memotong ataupun menyambung suara.

Jenis file yang dikenali Cooledit pro amat banyak ada yang berjenis WAV, MP3.
Sebagai pecobaan kita pakai aja jenis mp3 yang saat ini banyak pemutar yang support atau mendukung file jenis ini.

Tampak pada gambar adalah tampilan Cool edit pro yang membentang untuk satu mode suara yang akan kita putar.

Untuk merekam suara anda atau music dari alat atau input yang lain anda cukup mengklik tombol merah pada tool bar cool edit pro.

Telah berfungsinya rekaman ditandai dengan level signal yang bila masih standar berwarna hijau naik turun sesuai level suara yang masuk.

beginilah langkahnya:

1.untuk latihan sederhana anda bisa ambil headset yang ada micnya, colokan jack mick headset tepat pada panel audio yang berwarna merah, bila computer desktop umumnya berada di belakang Casing CPU.dan untuk di Laptop tinggal anda fungsikan mic bawaan saja.

2.Buka Cool editpro 2 yang telah anda Install, seperti tampak pada gambar.

3.Cobalah klik tombol merah pada panel cool edit pro, sehingga ada tawaran “new waveform” yang berarti memulai merekam baru, disana ada pilihan byte rate yaitu penentu kwalitas suara hasil rekaman, pilih saja standar dari dia “stereo, 44100, 16bit’ klik oke pilihlah durasi tanpa batas untuk bebas mengulang rekaman siapa tau anda banyak salah dalam merekam.
telah masuknya suara ditandai dengan bergeraknya garis kuning menuju ke kanan dan yang telah dilewati ada signal berwarna hijau.jika belum ada level cek kombali jack mic, yang anda miliki.

4.Hentikan rekaman dengan mengklik area yang berisi level hijau.CObalah di play sudahkah suara masuk?

5. jangan lupa disimpan, dengan klik file, save as dan pilih tempat yang sesui selera anda, bila perlu buatkan folder dan namai latihan rekaman.

MENCAMPUR SUARA DENGAN MUSIC LATAR

Saat rekaman sudah disimpan, tekan tombol view pada panel atas cool edit pro yang bila tadi “wave form view” anda rubah ke “multi track view” yang berarti menampilkak beberapa tampilan dalam satu layar. Pada mode ini dimaksudkan untuk mencampur music ataupun suara lain menjadi satu. cara sederhananya demikian.

tekan gambar amplop kuning atau bisa juga klik file, open akan nampak open a waveform, centanglah kolom auto play diatas tombol play untuk memonitor secara otomatis suara yang mau di buka, terus cari tempat menyimpan rekaman tadi. Bila ketemu dan suara sudah tepat kliklah open.

Ambil lagi suara yan lain misal music, dengan mengulang langkah tadi cuma letak foldernya saja yang berbeda.

nah kini saatnya kita mau mencampur suara dengan music.

drag tau kliklah sambil ditahan rekaman tadi dan tarik ke salah satu kolom anggap saja kolom pertama.

drag pula file music dan seret ke kolom kedua.

taruhlah garis di antara signal hiju melintang vertikal klik play nanti akan mencampur suaranya. Akan tetapi di sini suara masih tidak berimbang volumenya. untuk mengatur volume anda bisa menaik turunkan garis paling atas dari setiap kolom . Misal kolom rekaman suara mau di turunkan volumenya anda tinggal arahkan panah ke garis paling atas kolom pertama dan diklik. dan tarik perlahan turun. Bersambung….gambarpun belum bisa ditampilkan…………………………………………

2 thoughts on “Membuat Iklan Radio

Silakan Commentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s