Penyiar Radio

“selamat pagi sobat Oxigent dimanapun anda berada…dan tentunya tengah bergabung bersama kami….oxigent  mau kasih udara segar buat anda.. anda.anda..and…ih ngape lidah gue nyap nyap sama terus….belum sikat gigi kali ye.. Hehheh..heheh..heheh.

Demikian potongan awal suatu siaran. Walau berkesan cengengesan, humoris dan santai ternyata penyiar tak sesantai itu. kecekatan lidah menata suara agar empuk, keras tegas, tanda serius, datar agak bergumam sebagai action kadang mereka terapkan demi tidak monoton, tertawa lepas terbang bersama angan. Ramuan musik latar yang pas, start song yang tepat, penyiar yang romantis mampu menempatkan tekanan suara menjadi adukan yang pas untuk disantap telinga. Tak kalah penting bagaimana bisa control emosi karena tak jarang pendengar minta di istimewakan “pokoke lagu kudu di puter, spam sms (satu isi sms dikirim berkali-kali), belum lagi smsnya super gaul angka 4 jadi a, 9 jadi g, singkatan yang amat singkat padahal penyiar harus merubah sms jadi suara belum lagi harus siapkan lagu dan iklan padahal durasi iklan dan jam siaran di batasi nah sibuk bukan?

Tapi bila anda pingin mencoba siaran ada tips sederhana dari saya…Pertama kali di depan mic dijamin nerves (maaf bila salah ejaan)….Seperti pesan orang dahulu tarik nafas panjang tapi jangan pada saat mic volume terbuka bisa masuk ke radio dan di dengar banyak orang jadinya kurang enak.

siapkan konsep sederhana saat mau siaran, misal berapa frekwensi radio, juga nama radio…bukalah acara dengan sebisa mungkin rileks…gunakan music latar yang tepat dengan mata acara, contoh bila lagu-lagu energik pakailah bits cepat, anggaplah anda sedang berhadapan dengan seseorang di depan anda tapi jangan grogi dong….sekali sempatlkan tersenyum..walau memang susah senyum-senyum sendiri…minta teman yang sudah biasa siaran daftar fans radio karena dari segi psikis orang akan lebih respon bila dipanggil namanya…jangan lupa perhatikan tanggal, hari,bulan dan tahun,  itu penting disaat anda blang atau tidak mood sebagai selingan…bila dibuka sms atau atensi…seskali ulangilah tekanan sms berikut pengirimnya tapi jangan sering-sering tar berkesan pilih kasih….buatlah tekanan suara meninggi disaat mau memutar lagu …nikmati dan simaklah isi lagu lumayan bisa buat tambahan omongan nantinya terlebih bila tak ada sms ataupun atensi karena anda bisa membahas isi lagu dan seolah anda faham betul isi hati si penyanyi,, ada baiknya anda tahu kapan lagu yang mau atau sudah diputer kapan dibuat, penciptanya siapa, penyanyinya siapa atau seberapa lagu itu diterima masyarakat…gak ada salahnya bila anda punya trik menarik atau berita terhangat di kupas juga wah….bisa sik deh….selamat mecoba ya….

One thought on “Penyiar Radio

Silakan Commentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s