MERAKIT PARABOLA

Hal yang perlu disiapkan dalam memasang parabola adalah:

1.Reflektor parabola yaitu payung parabola yang umumnya terbuat dari aluminium dengan bentuk parabolik atau seperbagian dari bola.

2.LNB( Low Noise Blok) yaitu perangkat yg di depan atau tengah parabola yang di sangga dengan tiang ke tengah lengkung parabola.gambar LNB

3. Dudukan LNB yaitu logam tempat membaut LNB yang nantinya di sangga tiang tengah depan parabola.Untuk 2 LNB terdiri dua lubang yang satu pres dengan LNB 1 yang satunya lebih lebar untuk penyetelan.

4.Receiver penerima siaran satelit.gambar receiver

5.Kabel jamper dari switch LNB ke receiver.

6.Kabel jamper dari LNB ke switch LNB.gambar kabel jamper dari switch LNB ke LNB

7.switch LNB yaitu alat kotak kecil penghubung dari reciver ke pilihan LNB 1 atau LNB 2 bahkan ada juga yg 4.gambar switch LNB

8.Tiang parabola.

Langkah Pemasangan parabola:

1.Pasang tiang dudukan parabola pada area menghadap ke langit baik barat, timur parabola bebas dari terhalang pohon, kayu atau atap rumah.pastikan tiang kokoh bila perlu dudukan di cor bawah.tiang tidak perlu terlalu tinggi karna prinsipnya parabola adalah menghadap langsung ke satelit dengan antena berada di dalam LNB dengan panjang kurang dari 3 cm mengingat bekerja pada frekwensi 2,7 Ghz.

2.Pasang Salah satu LNB pada dudukan LNB yang lubangnya pres dan bautlah dengan kunci 10 setelah dipastikan posisi kedalaman pada angka disamping LNB 40 dengan posisi angka 0 (bagian atas LNB)tepat di tengah lurus dengan lubang baut tengah sejajar dengan lubang kedua LNB.

3.Pasang juga LNB2 ke tengah-tengah Lubang dudukan LNB yang lebar.ingat ini menentukan tepat gaknya jarak antar dua satelit.pengalamanku tepat ditengah lubang tersebut dengan mengatur tiga baut disamping, jangan lupa kedalaman sama denan LNB1 yaitu 40 dan angka 0 dekat konektor dipasang lurus dengan angk 0 LNB biar gampang intinya kedua LNB saling membelakangi.

4.pasang dudukan LNB pada tiang focus dengan dibaut 10 sehingga mirip cangkul.

5.Rakitlah lempengan parabolik menjadi satu dengan cara menyatukan aluminium bingkai ram ketemu antar sambungan, sudut kerucut ketemu ditengah bautlah pada lobang baut di bingkai ram parabola, sehingga akirnya berbentuk mirip payung.

6.Pasanglah plat segi empat yang tengah berlubang 1/2 inch pada kerucut payung parabola tadi.

7.Pasanglah tiang focus pada lubang tengah plat tadi.

8.Ambil kabel coax 75 ohm yang panjang sekitar 15m masukkan lewat tengah tiang focus dan koneck ke switch untuk lnb yang rcv, pasang juga kabel jamper 15an cm ke LNB A(di konektor switch) dan ujungnya ke LNB 1, juga pasang kabel jamper satunya ke LNB(di konektor switch) dan ujung satunya ke LNB 2.

9.ada juga yang switnya langsung di Lnb yg satu pemasangan jamper cukup rcv ke kabel panjang dan kabel pendek tinggal jamper antar LNB.

10.pada saat anda memasang plat segi 4 yang mengapit tengah payung parabola tentu menyatu dengan dudukan parabola dan stang pengatur kemiringan parabola baik kiri kanan (stang pendek baut kira-kira 15cm) maupun stang panjang (besi bulat diameter 1,5cm panjang kira-kira 50cm).dan bersiaplah memasang parabola dan setìng chanelnya.

PENCARIAN SIARAN TV DAN RADIO. 0

Untuk mencari siaran tv dan radio diparabola perlu diketahui bahwa reciver harus dapat kwalitas sìgnal yang cukup dari satelit penyedia siaran. hal ini bisa didapatkan bila LNB tepat menghadap lurus dengan posisi satelit Ada dua patokan utama pada pemasangan dan pengesetan parabola yaitu ketepatan kemirigan barat timurdan kemiringan pada arah selatan.gambar signal

garis orange (atas menunjukkan LNB telah bekerja), garis hijau menunjukkan kwalitas penerimaan siaran

Pada Remote parabola tekanlah info maka kan nampak informasi signal seperi gambar melihat signal. yang atas menunjukkan ada signal di area tersebut atau memang koneksi LNB sudah tepat sedang yang bawah adalah kwalitas signal.

Hal ini di lihat pada layar televisi anda dan sebaiknya sambil mengatur posisi arah dan kekencangan baut serta mur pada parabola anda bisa melihatnya sehingga dengan mudah melihat perubahan-perubahan signal saat terjadi pergeseran kemiringan maupun arah.
Bersambung

9 thoughts on “MERAKIT PARABOLA

  1. Bos…mau tanya nich…???
    saya punya parabola yg sama seperti di gambar bos tampilkan,sedang yiang pokusnya yg berbentuk cangkul,saya mau jadikan 4 Lnb apakah tiang pokusnya harus di mdifikasi lagi bos…???? tolong pencerahannya……thank’s bos

    • waduh maaf ya teman baru dibalas sudah lama gak ngeblog..saya punya parabola yg sama seperti di gambar bos tampilkan,sedang yiang pokusnya yg berbentuk cangkul,saya mau jadikan 4 …
      Ya dipotong sja tepat di seng yangmirip cangkul kemudian bracket untuk 4 lnb dipasang disana, tapi ada juga yang cuma di tekuk bagian seng yang berbentuk u tersebut dan kemudian klem dudukan lnb 4 dipasang tepat di bawahnya

  2. wkwkwkwk,……dadi tukang parabola critane,…tp mantep lek mantep aq mendukung,…………….maju trzzzzzzzzzzzzzzzz,…

    • oke aan doain saya bisa ya dalam belajar menulisnya biar nantinya bagus….trimaksih

      ________________________________

Silakan Commentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s