Membuat Saklar Pengaman dengan IC 555

Melihat suasana sekarang yang sedikit kurang aman di negeri ini, terutama pencurian kendaraan bermotor, gak ada salahnya jika kita mencoba merancang suatu rangkaian elektronika yang berfungsi saklar cadangan disamping kunci kontak. Biasanya pengapian motor melewati suatu kunci kontack, nah dengan bantuan  rangkaian  saklar sentuh system pengaman bisa kita buat. Pemilihan saklar sentuh atau touch swich agar saklar tidak mudah  dilihat pada  body motor kita.

Rangkaian ini saya dapat dari browsing di internet, demikian gambarnya,


Adapun teknis pemasangannya terserah pada anda, yang jelas pada prinsipnya ketika mp1 atau plat on tersentuh maka rangkaian akan bekerja men-switch on  seketika kaki ke 3 IC NE 555 mengeluarkan tegangan sehingga men-trigger basis transistor q1 pemasangan R3 yang diseri untuk mengurangi tegangan masuk basis Q1 karena hanya memerlukan 0.2 s/d 0.7 volt. Rangkaian relay dan transistor tersebut adalah kelas C, yaitu arus panjar Basis tidak tetap, relay akan bekerja ketika tegangan basis tersedia. dan rangkaian akan off ketika Mp2 disentuh.

Bekerjanya transistor yang mengalirkan tegangan 12vot VCC dengan diseri coil relay mengakibatkan relay bekerja. Tinggal kreasi anda plat saklar pada relay anda bisa manfaatkan pengganti saklar cadangan, atau diumpankan ke alarm sehingga ketika body motor disentuh alarm akan aktif sehingga si iseng akan kaget yang dapat diharapkan ia menggagalkan niat buruknya.
ambil contoh Plat MP1 pada body motor dan untuk mereset agar off plat MP2 hanya anda yang tau.

Atau switch relay di pakai untuk memotong kunci kontakc juga bisa, usahakan dia akan aktif ketika kontak di off, dan hanya bisa dimatikan disaat kontak on dan MP2 disentuh, selamat berkarya

dan untuk satu sentuh on dan satu sentuh off bisa pakai jenis ini….>>>>>>>>>>>>>>>>>

..

About these ads

5 thoughts on “Membuat Saklar Pengaman dengan IC 555

Silakan Commentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s